PROFIL

Foto saya
Makna Moto "CAKTI MAWA CENDEKIA" Adalah menjadi kuat/hebat karena memiliki kepandaian/ilmu pengetahuan Tugas Kodikopsla : Kodikopsla Kobangdikal bertugas membantu Dankobangdikal dalam melaksanakan pendidikan lanjutan perwira, pendidikan ilmu kepelautan, pendidikan khusus, pendidikan hidrografi-oseanografi dan pendidikan intelijen maritim dengan tugas tambahan melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin pada tataran taktik operasi tempur laut, serta mengkoordinasikan, mengawasi, mengendalikan Pusdik-pusdik di bawah Kodikopsla Kobangdikal dan membina kekuatan termasuk sarana dan prasarana pendukung organiknya.

Senin, 19 November 2012

LATIHAN PRAKTEK FREE ESCAPE SISWA DICAWAK KAPAL SELAM


Pada suatu operasi pengintaian di daerah musuh, kapal selam terkena ranjau laut mengakibatkan kebocoran di lambung kiri. Kebocoran tidak dapat ditanggulangi sehingga kapal selam tenggelam pada kedalaman 30 meter yang memaksa awak kapal selam melaksanakan peran peninggalan melalui Batttery Hatch dan Conning Tower Hatch.
Illustrasi di atas merupakan skenario latihan praktek (Lattek) penyelaman dan penyelamatan diri dari kapal selam (Free Escape) yang diselenggarakan oleh Sekolah Kapal Selam TNI Angkatan Laut (Sekasal) yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Wirawan Ady P. dalam rangka pendidikan calon awak kapal selam angkatan XLVII TA. 2012. Kegiatan Lattek free escape tersebut dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai dengan  tanggal 12 November 2012 di Dislambair Koarmatim.
Kegiatan Lattek ini diawali dengan upacara pembukaan dengan Inspektur Upacara Komandan Pusat Pendidikan Khusus Kodikopsla Kobangdikal, Kolonel Laut (P) Zaenal Akbar, dalam amanat beliau menyatakan bahwa latihan praktek ini merupakan latihan yang mutlak dilaksanakan oleh calon maupun awak kapal selam, karena awak kapal selam harus memiliki kemampuan untuk menyelamatkan diri dari kapal selam jika kapal selam mengalami kedaruratan sehingga kapal selam tidak mampu untuk muncul ke permukaan.
            Lattek penyelaman dan penyelamatan diri dari kapal selam ini merupakan salah satu pelatihan rutin dalam program pendidikan Sekasal yang berdasarkan pada kurikulum pendidikan dengan Skep Kasal Nomor : SKEP/652/III/1994. Adapun tujuan dari penyelenggaraan Lattek ini adalah memberikan pengetahuan dasar penyelaman dan penyelamatan diri dari kapal selam kepada para siswa Dikcawak Kasel sehingga mampu untuk  :
1.            Menyelam secara  terbatas  pada kedalaman 5-10 meter  dengan ataupun tanpa menggunakan peralatan Self Contained Breathing Apparatus (SCUBA).
2.            Mengatasi bahaya akibat penyelaman.
3.   Menggunakan/mengoperasikan peralatan SCUBA dan peralatan Submarine Escape Immersion Equipment (SEIE) MK 10 dengan tepat dan benar.
4.            Melaksanakan penyelamatan diri dari kapal selam (Free Escape).
Kegiatan ini diikuti oleh Siswa Dikcawak Kasel sebagai pelaku latihan yang terdiri dari empat orang perwira, satu orang bintara dan tujuh orang tamtama dengan melibatkan komando satuan samping sebagai tim pelatih terdiri dari personel Dislambair Koarmatim yang diperkuat oleh awak kapal selam dari satuan kapal selam Koarmatim, serta tim kesehatan yang terdiri dari personel Satkes Kobangdikal beserta personel Lakesla Drs. Med. R. Riyadi, Phys. Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar